Tuesday, October 26, 2010

Tukang Jeprat-Jepret Paling Terkenal

Hmm.. Tuesday, I'm in love.Yap, totally in love with the famous photographers hehe.. Setelah gak sengaja nemu poto-poto keren, gw jadi penasaran tentang profesi fotografer. Sedikit info nih, tukang jeprat-jepret atau fotografer kategorinya ada banyak lho. Beberapa kategori itu ada fotografer potret (portrait photographers), alam fotografer (nature photographers), fotografer jurnalis (photo-journalist), fotografer seni (fine arts photographers), fotografer dokumenter (documentary photographers), fotografer iklan dan media (advertising and media photographers) dan sisanya masih banyak lagi (tapi gw kurang paham). Wuihh banyak kan?

Beberapa list dibawah adalah tukang jeprat-jepret terkenal yang bikin gw tergila-gila sama hasil jepretan mereka (sampe nyaingin gilanya gw pas lagi liat Justin Bieber, pas lagi liat sale, dan pas lagi liat ice cream Magnum). Satu kata.. They are genius !

1. Ansel Easton Adams (20 Februari 1902 - 22 April 1984)
Ini fotografer paling dikenal untuk foto hitam-putih, terutama yang bertema lingkungan. Salah satu foto yang paling terkenal adalah Moon dan Half Dome, Yosemite National Park, California. Adams jago banget nentuin eksposur yang tepat dan nyesuaiin kontras cetak akhir. Luw bayangin aja jaman dulu kamera kan blom secanggih sekarang, tapi Adams bisa bikin poto hitam-putih jadi "jelas dan dalam" (kereeeen).



2. Anna-Lou "Annie" Leibovitz
This one is my fave. Annie adalah seorang fotografer potrait selebriti. Yang gw suka, she tries to receive a little piece of each subjects personality in the photos singkat kata, dia jago (banget) nampilin karakter model potonya. Walt Disney Company pernah hired Annie untuk kampanye Year of a Million Dreams dengan model selebriti yang dipoto based on Disney Story (sumpah, hasilnya fantastic).



3. Patrick McMullan
Kalo si Patrick (bukan temennya spongebob yah), adalah fotografer plus sosialita yang terkenal di tv (om ini udah punya perusahaan dengan labelnya sendiri). Karyanya fokus di aktor, model, perancang busana, selebriti, politisi, sampe ikon budaya dan elite yang berkuasa. Udah gitu koleksi fotonya untuk orang-orang terkenal adalah salah satu yang terbesar (ckckck).



Beberapa nama yang lain:

4. Timothy Greenfield-Sanders
5. Richard Avedon
6. Mary Ellen Mark
7. Art Wolfe
8. Alfred Eisenstaedt
9. Yousuf Karsh
10. Robert Maplethorpe
11. Lothar Wolleh
12. Garry Winogrand
13. Sebastiao Salgado
14. Heather Angel

Dan kalo luw tertarik untuk tahu lebih banyak:

Famous Photographer Resources
http://www.icsd.k12.ny.us/highschool/library/photography.html

Masters of Photography – Biography summaries
http://www.masters-of-photography.com/summaries.html

Kodak – Legends Online
http://www.pdnonline.com/legends/

Ok, semoga list di atas bisa nambah pengetahuan luw tentang fotografer yang terkenal di abad ini. Happy reading..


Source:

Share |

0 comments: